MENGENAL HEWAN LEOPARD GECKO

leopard gecko
Leopard Gecko

Leopard Gecko secara ilmiah namanya Eublepharis Macularius adalah sejenis tokek yang hidup dipermukaan tanah dan aktif pada malam hari. Leopard Gecko ditemukan di Pakistan, India, Afghanistan dan Iran dimana terdapat dataran kering dan berbatu. Pada ukuran dewasa pada umumnya Leopard Gecko mencapai ukuran 21-29cm dan hewan ini dapat hidup lebih dari 10 tahun jika dirawat dengan baik.

Kebanyakan Leopard Gecko memiliki latar belakang kuning dengan bintik-bintik cokelat menutupi orang-orang dewasa. Leopard gecko remaja memiliki pola yang bergaris didominasi memudar ke pola sesuai dengan perkembangan usia. Mereka juga memiliki telinga luar yang sangat jelas dan berbeda dari banyak tokek di kelopak mata mereka dan kurangnya perekat lamel, yang berarti mereka tidak dapat berjalan pada dinding vertikal yang permukaannya halus.

Sama seperti cicak, saat terancam musuh, leopard gecko akan memutuskan ekor atau melakukan autotomi untuk mengelabui musuh. Makanannya, binatang kecil seperti jangkrik, ulat hongkong, cacing, dan serangga kecil lainnya. Ia lebih banyak mencari makan di malam hari. Sementara di siang hari ia tidur untuk menghindari panas dan mengumpulkan tenaga.

Sebulan sekali leopard gecko akan berganti kulit. Satu atau dua hari sebelum ganti kulit, warna kulit binatang itu akan berubah jadi abu-abu atau putih. Kulitnya yang sudah lepas, biasanya akan dimakan.

 Leopard gecko adalah hewan peliharaan yang sangat baik. Mereka kecil, memiliki persyaratan perawatan yang minimal dan dapat ditinggal dalam beberapa hari. Mereka tenang, tidak berbau dan tidak perlu perhatian. Bukan hanya mudah dipelihara, leopard gecko juga relatif mudah dibiakkan.

Saat ini Leopard Gecko pastinya sudah sangat dikenal dikalangan pecinta reptil Indonesia. Selain karakternya yang sangat jinak, Leopard Gecko juga memiliki berbagai macam morph yang menjadikan hewan ini memiliki warna dan corak yang indah, dan yang paling menarik adalah proses pengembangbiakkan hewan ini tergolong mudah dan hemat biaya lho!

Post a Comment

0 Comments