CARA TERBARU MENDAFTARKAN BLOG KE GOOGLE WEBMASTER TOOLS

Sebelum kita berbicara jauh tentang Cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai Google Webmaster Tools ini. Google Webmaster Tools adalah salah satu tools gratis yang di sediakan oleh Google untuk mendukung kegiatan para Webmaster dalam rangka mengoptimalkan sebuah Blog/Web yang di milikinya

Pengoptimalan yang di maksud di sini adalah berhubungan dengan mesin pencari atau Search Engine. Jadi jika kita mendaftarkan suatu Blog/Web ke Google Webmaster Tools, maka mesin pencari bisa dengan mudah dan cepat untuk mengenali Blog/Web kita. Sebagai hasilnya, Blog/Web yang kita miliki bisa mudah di temukan oleh orang lain.

Sebenarnya walaupun tidak melakukan hal ini Blog/Web kita tetap bisa di baca oleh mesin pencari. Akan tetapi beberapa master mengatakan, itu akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Oleh karena itu di bawah ini saya membagikan sedikit tutorial bloging mengenai Cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools. Walaupun mungkin cara ini sudah banyak yang share dan sudah biasa di dunia perblogan.

1. Langsung saja anda masuk ke halaman utama Google WebmasterTools dengan menggunakan Email dan Password anda, kemudian klik Masuk ke search console.


2. Pada kotak yang tersedia isikan alamat url blog anda lalu klik Tambahkan properti ( Add Site ) kemudian halaman baru akan muncul



3. Pada halaman ini pilih menu Metode alternatif kemudian Tag HTML lalu Salin meta tag ( Copy ) yang tersedia. Jangan klik tombol merah ( Verifikasi ) terlebih dahulu karena anda harus masuk ke akun blogspot ( Blogger ) dan meletakan kode meta tag tadi tepat di atas kode </head>. Jika sudah, jangan lupa simpan template, kemudian anda kembali ke laman tadi untuk klik tombol Verifikasi.


Sampai pada tahap ini anda sudah menghubungkan Blog/Web anda dengan Google Webmaster Tools. Tahap selanjutnya anda harus mensubmit Peta situs untuk mempermudah robot Google menelusuri setiap bagian Blog/Web milik anda.

Cara submit peta situs di Google Webmaster Tools
Cara submit peta situs di Google Webmaster Tools bisa di bilang sedikit lebih muda dari pada mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools. Setelah anda selesai melakukan langkah tadi dan berhasil, anda sudah masuk pada akun anda. Dari sana kita bisa langsung submit peta situs Blog/Web kiat tersebut.

1. Pada menu sisi kiri anda silahkan pilih Perayapan ( Crawl ) dan klik sub menu Peta Situs (Sitemap)
2. Kemudian halaman seperti di bawah akan muncul dan menunjukan tombol merah pada sisi kanan atas anda. Klik tombol tersebut Tambahkan/Uji Peta Situs ( Add/Test Sitemap ) lalu tambahkan sitemap.xml pada kolom yang tersedia laluk klik lagi Mengirim peta situs ( Submit Sitemap ).

Contoh : http://nama_blog_anda.blogspot.co.id/sitemap.xml

Lihat gambar di bawah ini :


Jika anda mengikuti semua langkah di atas dengan benar, berarti anda telah sukses mendaftarkan Blog/Web anda serta mensubmit peta situs di Google Webmaster Tools. Untuk melihat hasilnya Refresh halaman anda. 

Post a Comment

0 Comments