MENGENAL ADMOB

Seperti yang telah anda ketahui bahwa Google kembali melebarkan sayap bisnisnya dengan mengakusisi AdMob pada sekitar akhir tahun 2009 lalu. Pada awalnya, AdMob ini dulunya adalah milik Omar Hamoui yang ia didirikan pada tahun 2006 di San Mateo, dan sekarang telah resmi dimiliki oleh Google. AdMob sendiri adalah merupakan PPC ( Pay Per Click ) atau iklan layanan mobile seperti yang terdapat pada platform Android, iOS, Flash Lite dan Mobile Brows Web Standar saat ini.





Karena berbasis mobile ( Handphone ), tentu saja hal ini akan sedikit berbeda dengan Google Adsense yang notabenenya adalah layanan untuk publisher yang menggunakan blog atau website. Akan tetapi kedua layanan ini adalah sama – sama layanan periklanan milik Google. Jadi, pihak Google pasti akan memberikan kemudahan bagi para publishernya terhadap integrasi kedua layanan ini.


Sebelum saya membahas tentang cara menautkan AdMob dengan Google Adsense, perlu anda ketahui bahwa walaupun kedua layanan ini sama - sama adalah miliki google, anda tidak bisa menggunakan layanan iklan ini jika tidak sesuai dengan fungsinya. Contohnya, memasang iklan AdMob ke blog atau website atau sebaliknya. Walaupun itu mungkin bisa anda lakukan, mungkin akun anda bisa bermasalah kedepannya sebab google sangat ketat dengan setiap kebijakannya. Intinya saya tidak merekomendasikan hal ini. Selanjutnya silahkan simak di bawah ini bagaimana cara menautkan AdMob dengan Google Adsense.
  1. Sign in ke akun Google Adsense milik anda.
  2. Pada menu pilihan, pilih My Ads dan pilih Sig in lalu anda akan di bawah ke laman baru untuk persetujuan menghubungkan Google Adsense dengan AdMob. Di sini silahkan pilih Sign up with AdMob dan kembali laman baru akan muncul yaitu Daftar ke AdMob.
Setelah langkah di atas dilakukan, sekarang saatnya proses pendaftaran AdMob yang sesungguhnnya. Bagi anda yang belum memiliki aplikasi ataupun game untuk penempatan iklan AdMob, tidak perlu khawatir karena hal ini bisa anda lakukan. Hal lainnya juga adalah tentang email, silahkan menggunakan email yang sama dengan Google Adsense anda. Selain itu, mengenai informasi data pribadi, ketika anda memilih memakai email yang sama dengan akun Adsense anda secara otomatis semuanya akan terhubung. Jadi, tidak perlu lagi mengisi dari awal datanya, silahkan lanjutkan sampai selesai. Untuk lebih jelas berikut langkahnya.

Pada laman daftar ke AdMob

  1. Pilih akun Google anda, Gunakan Email Adsense anda.
  2. Tinjau informasi Adsense, Lanjutkan tapi jika perlu periksa kembali informasi data anda.
  3. Tinjau informasi Adword, Lanjutkan.
  4. Tinjau kebijakan program AdMob, centang kotak persetujuan dan pilih Buat Akun AdMob.
  5. Mulai gunakan AdMob, silahkan pilih Mulai.
Panduan dengan gambar.



Smpai di sini anda sudah memiliki akun admob. Jika sudah memiliki aplikasi atau game sendiri silahkan pasang iklan anda.

Post a Comment

0 Comments